Kalteng Pos Dijiplak Plagiator

Kontent Berita Jarang Update, Jadi Korban Penjiplakan

Media Internet Sarana Empuk Plagiator Online

Terkini dan Terbaru Hari Ini - Kalteng Pos sebagai media pemberitaan lokal terbesar di Kalimantan Tengah termasuk Kota Palangka Raya dan beberapa Kabupaten lainnya tampaknya sudah menjadi sasaran empuk sejumlah plagiator yang dengan leluasa melakukan updating berita secara online melalui media internet.

Kemudahan berbagai sarana media online seperti website maupun blog sangat mempermudah sejumlah pelaku online baik webmaster maupun blogger untuk "mencuri" konten news dari redaksional Kalteng Pos dengan dalih penyebarluasan informasi yang update, aktual dan terkini dari berbagai informasi mulai dari berita politik, ekonomi, olahraga, pemilu dan berbagai materi news terbaru lainnya.

Kemudahan sarana atau fasilitas sejumlah layanan blog gratis yang mulai mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa kurun tahun terakhir sangat mudah dimanfaatkan sejumlah pengguna internet yang tidak bertanggungjawab untuk mengjiplak secara sembunyi-sembunyi materi berita yang disajikan oleh berbagai media massa termasuk Koran Harian atau Surat Kabar Harian (SKH) Kalteng Pos.

Tulisan dilindungi Hak Cipta atau Copyright tampaknya juga belum difahami secara jelas oleh pengguna dunia maya untuk menyajikan berbagai berita yang notabene adalah karya cipta masing-masing wartawan atau reporter yang bertugas di lapangan dan dirangkum menjadi sebuah karya jurnalistik yang dilindungi Undang-Undang, ironisnya kendati demikian masih banyak pelaku dunia maya yang secara terang-terangan mengekspose ulang materi atau kontent berita tanpa menghargai upaya dan jerih payah wartawan atau reporter yang mencari berita.

Berdasarkan telisik kami selaku Admin Blog Berita Palangkaraya, fenomena ini muncul sebagai akibat atau konsekuensi dari proses updating materi berita di situs atau website resmi Koran Kalteng Pos di www.kaltengpos.com yang tidak teratur dan terkesan sangat lamban. Celah atau peluang inilah yang dimanfaatkan dan menjadi sasaran empuk sejumlah Blogger untuk mencaplok isi berita hari ini untuk segera disajikan kepada publik baik di Kota Palangkaraya maupun Kalimantan Tengah pada umumnya.

Melalui postingan kali ini Tim Admin Blog Berita Palangkaraya hanya berharap agar Kalteng Pos khususnya pengelola website di alamat http://www.kaltengpos.com dapat lebih memperhatikan pengelolaan berita terutama proses update secepatnya untuk menghindari penyalahgunaan isi berita oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Maju Terus Berita Kalteng, Maju Terus Berita Lokal...

Khusus bagi para Plagiatorer (Blogger Plagiator, Red), Tim Admin Berita Palangka Raya sedikit berpesan,... jadilah dirimu sendiri, dengan menjadi diri sendiri maka kamu akan belajar menghargai karya milik orang lain. Jadilah dirimu sendiri dan bukan plagiator karya orang lain. Dengan menjadi plagiator berarti kamu telah membunuh karaktermu sendiri, dan yang pasti Blog ini selalu lebih unggul daripada Plagiator.


Salam sesama netter...



Berita Gosip Palangka Raya Hari Ini
copyright by http://beritapalangkaraya.blogspot.com

5 komentar


  1. Wenie Allianz
    15 Januari 2009 pukul 12.08

    bagus ! sebagai himbuan moral untuk seluruh blogger. copy page content atau CPC adalah ciri blogger yang go blog mestinya blogger harus go international dengan kreatifitasNya, sekali lagi... bukan GO BLOG dengan copy content orang lain.

    blogger berhak menyebarluaskan berita tapi dengan mengcopy adress barNya bukan contenNya (walaupun ada juga blogger yang mencantumkan adress bar pada postingannya namun bagi saya itu cuma upaya bodoh untuk melakukan pembenaran)

    silahkan lihat blog yang saya sukai disini dan cari kolom headLine News untuk melihat contoh copy paste yang tidak melanggar etika dan hukum bahkan menyenangkan bagi pemilik situs aslinya.

  2. Anonim
    15 Januari 2009 pukul 13.05

    Begitu yaa mas... bukan nya ada beberapa kontent di kalteng post hasil jiplakan dari internet... kayak dari detik... tulisan mirip sekali tanpa ada perubahan....

    atau detik yang mencontek sama kalteng pos...??

  3. Anonim
    12 Maret 2009 pukul 08.26

    yeah... rock blogger palangka raya...
    anggrilukman.multiply.com

  4. Anonim
    12 Maret 2009 pukul 08.27

    saya juga dari palangka raya

  5. amang
    5 Desember 2010 pukul 12.11

    wah saya baca blog punya kawan http://cuenk86.wordpress.com/2010/07/15/potoku-dimuat-di-koran-kalteng-post-edisi-11-juli-2010/

    kalteng post mengambil Foto punya orang, apakah itu gak plagiat namanya. gak perlu cari-cari kambing hitam deh. Kalteng post beritanya pun kurang mengigit, dan jarang update online. ok makasih

Posting Komentar

Kalteng Pos Dijiplak Plagiator